ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK KERAJINAN KULIT DI KABUPATEN GARUT

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merencanakan strategi yang tepat dan menyesuaikan diri dengan pasar yang terus berubah berdasarkan posisi kuadran dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan menggunakan SWOT, IFAS dan EFAS yaitu analisis yang memaksimalkan Strengths dan Opportunities, yang secara bersamaan juga meminimalkan Weaknesses dan Threats. Berdasarkan penelitian dan pendekatan yang digunakan, maka pengolahan dengan matriks SWOT dapat dinyatakan bahwa perusahaan terletak pada kuadran IV dengan koordinat posisi (+0,60:-0,10) sehingga yang harus diterapkan dalam posisi ini adalah mendukung strategi Diversifikasi. Pada penerapan matriks internal eksternal posisi perusahaan (IKM Astiga). skor tertinggi untuk strategi matriks SWOT adalah 3,70, hal ini menunjukkan bahwa IKM Astiga dapat memanfaatkan strategi ST (menggunakan Strength untuk mengatasi Threat), yaitu strategi Diversifikasi Konsentrik dengan menambah usaha baru dengan menambahkan model - model atau design baru yang menarik bagi konsumen yang masih ada kaitannya dengan usaha bisnis utama produk kerajinan kulit, Diversifikasi horizontal dengan menambah usaha penjualan assesories dan fashion (dompet, sepatu, dll). Kata kunci : Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Pasar

Download File


KALENDER

20
  Augustus 2017  
S Sl R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      

LINK










SHOUTBOX

Nama
Email
Pesan