HUBUNGAN TATA LETAK (LAYOUT) TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA PADA OUTLET INDOMARET VILLA BOGOR INDAH 2

Pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia saat ini semakin pesat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya perusahaan ritel modern yang tumbuh pesat dalam mengelola pusat perbelanjaan. Tata letak (layout) merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan jumlah konsumen sebuah toko ritel. Dengan meningkatnya jumlah konsumen maka kemungkinan terjadinya pembelian tidak terencana juga akan semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis deskriptif mengenai karakteristik dari responden, untuk mengetahui hubungan tata letak (layout) terhadap pembelian tidak terencana pada outlet indomaret villa bogor indah 2 dengan menggunakan persamaan regresi linier sederhana, untuk mengetahui hubungan tata letak (layout) terhadap pembelian tidak terencana pada outlet indomaret villa bogor indah 2 dengan pengujian Koefisien Determinasi (R2), untuk membandingan dan meneliti kembali dari penelitian terdahulu, dengan masalah yang hampir sama, pada objek yang berbeda serta data yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata konsumen perhari yang melakukan transaksi pembelian yang berjumlah 550 orang, dimana objek yang dijadikan populasi adalah konsumen yang telah berusian 17 tahun keatas dan minimal memiliki frekuensi berbelanja minimal 2 kali dalam sebulan. Pada penelitian ini jumlah sampel yang digunakan sebanyak 85 orang dengan metode penarikan purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, dan uji determinasi (uji R2). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan dari variable tata letak terhadap pembelian tidak terencana dengan persamaan regresi linier Y = 7.240 + 0.304 X + e dan Koefisien determiniasi sebesar 0.699 berarti 69.9 % faktor terjadinya pembelian tidak terencana dapat dijelaskan oleh variabel tata letak, sedangkan sisanya 30,1 % ditentukan faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Ritel, Tata Letak, Pembelian Tidak Terencana.

Download File


KALENDER

20
  Augustus 2017  
S Sl R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      

LINK










SHOUTBOX

Nama
Email
Pesan