FAKTOR MEMPENGARUHI KEBERHASILAN INDUSTRI KECIL MENENGAH GERABAH DAN KERAMIK HIAS

Dalam penelitian ini dilakukan identifikasi factor mempengaruhi keberhasilan industri kecil menengah gerabah dan keramik hias, agar diperoleh pembinaan yang optimal. Sebagai alat analisisnya digunakan analisis faktor yang dapat mereduksi sejumlah variable awal ke dalam kelompok variabel utama, cluster untuk mengelompokan karakteristik industri ini, dan diskriminan untuk memperoleh karakteristik yang membedakan antar cluster yang terbentuk. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner terhadap sejumlah pengusaha IKM (tidak termasuk industri rumah tangga) di daerah Desa Pleret Jawa barat; Bajar Negara Jawa Tengah; Kasongan DI Yogyakarta; dan Malang Jawa Timur. Hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan bertahan dari industri ini adalah kepercayaan diri dalam menghadapi tekan pasar terutama menghadapi perubahan model dan disain dan evaluasi harga; kecepatan memperoleh informasi kebutuhan pasar yang didukung oleh kemampuan manajemen dalam pembagian tugas dan tanggung jawab dan pengusaha memasarkan; manfaat pelatihan hanya dalam tehnologi proses produksi. Selanjutnya harapan pengusaha dalam pengembangan antara lain; peranan karyawan dalam pengelolaan perusahaan (dalam bentuk motivasi); kemampuan membuat keputusan yang meyakinkan karyawan terutama dalam model dan disain; perencanaan produksi; bank (pusat data) informasi harga dan disain secara local/nasional/ dan ekspor; dan jejaring bisnis pemasaran produk. Pengusaha dapat dikelompokan kedalam tiga kelompok yang dapat membedakan antar kelompok adalah industri yang menuju maju adalah mampu mengantisipasi kejenuhan pasar dan pengambil keputusan perubahan produk yang cepat dan industri yang belum maju adalah kurang kuat mengalami tekanan pasar sehingga mudah berpindah dan menahan produk dan hanya mengandalkan karyawan untuk berproduksi. Untuk itu diperlukan pendekatan dalam pelatihan tentang motivasi berkarya terhadap yang belum maju dan penyediaan sarana informasi dan membangun jejaring bisnis antar daerah yang dilakukan melaui pertemuan pelaku bisnis antar daerah yang disponsori pemerintah pusat atau daerah. Kata kunci: persepsi, gerabah, keberhasilan, pembinaan

Download File


KALENDER

20
  Augustus 2017  
S Sl R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      

LINK










SHOUTBOX

Nama
Email
Pesan